3 Tips Meningkatkan Kinerja RAM pada Android - testing 3

Breaking

3 Tips Meningkatkan Kinerja RAM pada Android

3 Tips Meningkatkan Kinerja RAM pada Android



Terkadang saat kita menggunakan ponsel android terasa lambat atau lemot dibandingkan biasanya, ada kemungkinan kapasitas RAM (random access memori) ponsel sudah makin sempit.

Fungsi RAM sendiri adalah sebagai ruang penyimpanan sementara yang membuat pengguna bisa mengakses banyak hal dan membuat smartphone jadi multitasking.

Oleh karena itu, jika kapasitas RAM makin sempit, maka kinerja ponsel dalam memproses perintah pengguna makin melambat.
Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Berikut adalah sejumlah tips membuat RAM lebih lega.


1. Nonaktifkan Widget dan Live Wallpaper


Menambahkan widget dan live wallpaper memang membuat tampilan ponsel jadi lebih personal. Meski begitu, widget dan live wallpaper menghabiskan space RAM dan juga menguras baterai perangkan pintar kita.

Oleh karena itu, langkah yang tepat dilakukan adalah membatasi penggunaan widget dan menonaktifkan live wallpaper untuk mengoptimalkan RAM.


2. Disable Application


Beberapa aplikasi memang memakai kapasitas cukup besar di RAM, meskipun aplikasi tersebut sedang tak digunakan.

Karenanya, kamu bisa memilih aplikasi mana yang harus dan tidak harus running di background. Dengan begitu, performa smartphone pun akan meningkat.

Untuk menonaktifkan aplikasi, kamu bisa masuk ke Setting, kemudian memilih menu Application Manager. Selanjutnya, kamu akan masuk ke daftar seluruh aplikasi yang dipasang pada Android-mu.

Tapi, jangan coba-coba untuk menonaktifkan semua aplikasi. Pilih aplikasi yang jarang dipakai, atau jika memang tak pernah dipakai lebih baik di uninstall saja.


3. Disable Annimation


Cara selanjutnya untuk mengatasi handphone lemot karena kapasitas RAM yang semakin sempit yaitu dengan men-Disable Animasi pada android, untuk menonaktifkannya, kamu harus masuk ke Developer option, caranya masuk ke Setting lalu pilih About Phone.

Selanjutnya ketuk Build Number sekitar tujuh kali hingga ponsel memberikan notifikasi bahwa pengguna sudah menjadi developer.

Setelah bagian ini selesai, kamu bisa masuk ke Setting ponsel, kemudian geser ke bawah untuk menemukan Developer Options.

Selanjutnya, kamu bisa masuk ke Drawing section dan matikan opsi tersebut. Beberapa opsi yang bisa dinonaktifkan di antaranya adalah Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animation duration scale.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact