Pengertian Vector dan Vexel Art - testing 3

Breaking

Pengertian Vector dan Vexel Art

Temans, pada kesempatan kali ini, kita akan coba sedikit mengulas submenu dari Art (seni) VECTOR X VEXEL, dimana dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang "Pengertian Vector Art dan Vexel Art"


PENGERTIAN VECTOR ART

Temans, dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ada istilah Vector dan Bitmap, tetapi apakah yang dimaksud dengan gambar Vector dan gambar Bitmap tersebut? berikut adalah beberapa artikel yang akan membahas tentang perbedaan gambar Vector dengan gambar Bitmap yang berhasil kami rangkum. kita mulai terlebih dahulu dengan pengertian Vector.

VECTOR


§  Vector merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Kualitas gambarnya tetap baik meskipun diperbesar, karena gambar jenis vector ini bukan terdiri dari titik. Adapun aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar jenis vector ini adalah: Corel-Draw, Freehand, dan Adobe illustrator. Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya. (http://asyikbelajar-komputer.blogspot.co.id/)
§  Vector adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk garis, kurva dan baigan-bagian lain yang saling berhubungan antara satu sama lain (di dalam sebuah gambar). Untuk ukuran/size-nya pun juga relatif kecil, dengan kualitas gambar yang tetap baik meskipun di perbesar. Contoh file vector diantaranya adalah: (wmf, swf, cdr dan ai). Vector juga sering dipakai dalam pembuatan logo, animasi, ilustrasi, dsb.
§  Vector Art adalah murni karya vector yang dibuat menggunakan aplikasi vector base atau palikasi berbasis vector seperti Adobe Illustrator dan sejenisnya. Dan hasil akhir karya juga berupa vector, (vector layer).
§  Sedangkan pengertian yang diberikan dari Adobe Photoshop dalam menjelaskan arti dari vector adalah sebagai berikut: Vector images are used to define a line that has end points. The coordinates of where the straight line begins and ends are computed without needing to define all the points in between. A rectangle might be defined as follows: 125, 125, 300, 300. This means that the top left corner is at the coordinate 125 X 125 (125th pixel horizontally X 125th pixel vertically) and the bottom right corner is at 400 X 300 (400th pixel horizontally X 300th pixel vertically). Vector images tend to be used for lines, boxes, circles, polygons and other graphic shapes that can be mathetically expressed in coordinates on a computer screen. The program always references the shape itself, not each individual pixel that makes up the shape.

Dapat disimpulkan bahwa Vector adalah gambar yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva atau serangkaian intruksi matematis yang berhubungan antara satu sama lain, kualitas gambarnya pun akan tetap baik meskipun diperbesar karena gambar jenis vector ini bukan terdiri dari titik atau raster (bitmap).

BITMAP

§  Sedangkan pengertian yang diberikan dari adobe photoshop dalam menjelaskan arti dari Bitmap adalah sebagai berikut: Bitmap Images are sometimes called "paint graphics." That's because bitmap images tend to be used for photo-realistic images and for complex drawings requiring fine detail. A bitmap is simply a matrix of pixels or a "grid" of pixels. Each pixel used to create a shape or object in the image is referenced. You edit groups of pixels instead of shapes (as in vector images). The main advantage of bitmap images is: They are able to accurately represent the wide range of colors and shades in complex images.
§  Bitmap adalah gambar bertipe raster, dengan mengandalkan jumlah pixel dalam satu-satuan tertentu dan dengan semakin rapat-nya pixel maka semakin baik pula kualitas gambar tersebut. Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah. Besar file yang dihasilkan cenderung besar. Contoh file bitmap diantaranya adalah: (bmp, jpg, dan gif).
§  Sementara itu suatu foto atau gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik warna-warni yang membentuk suatu pola. Pada file bitmap dikenal dua istilah penting, yaitu:
§  Resolusi atau jumlah titik persatuan luas yang akan mempengaruhi ketajaman dan detil file bitmap, biasanya dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).
§  Intensitas atau kedalaman warna yang akan menentukan kualitas gambar secara keseluruhan, biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu grayscale), serta hitam-putih (black & white).

dapat disimpulkan bahwa Gambar Bitmap adalah gambar yang terbentuk dari ribuan titik yang membentuk suatu pola, sehingga gambar bitmap sangat bergantung dari kerapatan pixel atau bit, gambar bitmap juga sangat rentan pecah jika diperbesar. Berbeda dengan gambar vector, yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva atau serangkain intruksi matematis yang berhubungan antara satu sama lain.


PENGERTIAN VEXEL ART

Vexel Art: Adalah perpaduan antara pixel/bitmap/raster dengan vector layer, untuk penerapannya biasanya menggunakan aplikasi semacam Adobe Photoshop. Hasil akhir meskipun terlihat mirip dengan vector art tetap saja pada akhirnya akan menjadi bitmap image. Selain itu vexel art biasanya dari sisi finishing terlihat lebih detail dan halus, bahkan nyaris sama dengan gambar foto. Jadi mau yang mana, Vector Art atau Vexel Art" tergantung kebutuhan anda.
Vexel Art: Adalah gabungan antara vector dan vexel. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Seth, seorang software enginer & scurity dan website consultant, berkerja untuk Portland di Oregon. Vexel adalah style dari digital art yang di dalam pembentukan gambarnya terdiri dari bidang-bidang yang teriswi warna dari kumpulan pixel-pixel.


PROGRAM PENGOLAH VEXEL?


Ini penting banget bagi kita yang suka bermain VEXEL, PAINTING, VECTOR (biar gak salah kaprah), Vexel adalah gambar yang terlihat seperti vector, atau vector yang mempunyai elemen raster untuk dapat mendukung area-area vector tersebut.


BEKERJA DENGAN PHOTOSHOP
§  Kita bisa menggunakan pen-tool di atas layer bentuk di Photoshop. Sekarang, meskipun Photoshop adalah program baerbasis raster, kita sebenarnya menciptakan VECTOR karena buktinya kita bisa memperbesar semua bentuk-bentuk yang telah kamu buat di layer bentuk sampat tak terhingga.
§  Kita bisa menggunakan pen-tool atau lasso-tool di atas layer normal (raster), yang disebut dengan "path layers". Path layer ini tak bisa disekalakan hingga tak terbatas, maka yang kita buat adalah VEXEL.


YANG BOLEH DILAKUKAN
§  Stroke path: Ini adalah metode yang sangat umum saat membuat vexel, terutama saat mem-vexel rambut
§  Tekstur & pola: Tekstur dan juga pola dapat memperindah vexel, tapi tidak boleh digunakan di semua sudut gambar, karena mereka juga dapat menghilangkan kebersihan dari efek vector.
§  Gradasi: Gradasi boleh digunakan tapi jangan mencampurkan mereka dengan Gradient Meshes, karena mereka hanya bisa dibuat di Adobe Illustrator, maka mereka adalah vector.
§  Efek raster: Efek raster seperti Outer Glow atau Drop Shadow boleh digunakan. Tapi ingat, tidak ada keharusan untuk menggunakan efek-efek ini. Efek yang sama dapat dicapat dengan penggunaan gradasi yang tepat.


YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN
§  Membaurkan (blur), smudge, & menajamkan (sharpen): Tidak ada artinya membaurkan, men-smudge atau menajamkan lapisan vexel-mu. Ada penampakan vector yang jelas pada mereka, dengan kata lain kamu bisa melihat hampir semua dan setiap lapisan. Kalau kamu mau membaurkan, men-smudge atau menajamkan, itu termasuk digital painting.
§  Burn & Dodge: Juga, tidak ada artinya menggunakan tool ini ketika menciptakan vexel. Mereka dipakai untuk menerangkan atau menggelapkan sebagian dari gambar. Kalau kamu mau melakukannya, ganti saja warna dari lapisan yang kamu kerjakan. Tools ini lebih pantas digunakan saat mengedit foto atau digital painting.
§  Gambar berefek poster: Kita sudah menyebutkan ini berkali-kali tapi orang juga berkali-kali memajang ini. Kita bisa menjamin bahwa kita dan seniman vexel handal lain bisa melihat yang kamu pajang itu sebenarnya vexel atau bukan. Jadi tolong, jangan repot-repot mencoba.
§  Efek-efek filter lain yang menyerupai penampakan vexel/vector: Sekali lagi, jangan coba-coba. Jangan memajang sebuah "vexel" dan mengatakan di deskripsinya bahwa itu hanya perlu waktu 10 menit untuk membuatnya. kalau memang hanya perlu waktu 10 menit saja, maka maaf sayangku, itu BUKAN vexel.

TAMBAHAN FOTO DAN ELEMEN YANG BUKAN VEXEL (TOLONG DIBACA DENGAN TELITI)


Bagi kita ini adalah hal yang agak meragukan dan tentunya akan mengundang banyak pertentangan. Kalau kamu sudah mem-vexel sesuatu: orang, hewan, atau sebuah benda, dan kamu ingin menambahkan foto untuk latar belakang atau beberapa bagian, TOLONG... pastikan bahwa foto itu tidak akan mengambil pusat perhatian dari pada vexelnya. Sekarang kita mengerti bahwa ini agak subjektif, apa yang kita pikir akan lebih tepat berada di kategori Mixed Gallery, yang lain mungkin lebih sesuai di Vexel Gallery, dan sebaliknya.


Jadi kita akan menetapkan aturan, Jika lebih dari sepertiga (33%) dari posting yang sudah selesai terdiri dari foto, karya tersebut merupakan bagian dari Mixed Media. Hal yang sama berlaku untuk kombinasi vexel dengan medium lain seperti fractal, digital painting, dan lainnya. Jelas bahwa latar belakangnya tidak mengganggu vexelnya, malah lebih mendukung suasanan keseluruhannya.


Bagaimanapun juga, kita ingin mendorong anda-anda semua untuk tidak menggunakan foto atau yang lainnya yang tidak berhubungan dengan vexel dalam vexel. Dengan begitu kita akan selalu berada di tempat aman.


Itu juga berati kita tidak boleh memajang vexel yang setengah selesai, seperti beberapa layer dari muka dan mata atau rambut masih merupakan foto dari bagian bawahnya atau itu adalah layer vexel yang direndahkan opacity-nya di atas sebuah foto. Proses pengerjaan harus dipajang di scraps, terima kasih.




KENAPA BUKA VECTOR SAJA?


Yah, setiap seniman vexel punya alasan yang berbeda-beda tentang itu. Beberapa dari kita tidak membuatnya untuk dicetak, jadi pengubahan ukuran bukan masalah. Pastinya, saat menciptakan sebuah pekerjaan seni secara profesional, klien akan lebih memilih vector dari pada vexel.


Alasan lain adalah karena beberapa dari kita tidak nyaman bekerja dalam Illustrator atau program vector yang lain. Photoshop lebih umum digunakan, bukan hanya untuk menciptakan vexel, tapi untuk mengedit foto, menggambar, dan lain-lain. Sulit untuk melangkah keluar dari zona nyamanmu dan mencoba sesuatu yang baru ketika kau sudah puas dengan apa yang kau punya. Tapi seperti yang sudah dikatakan, vector juga bisa dibuat di Photoshop.


Yang ketiga dan mungkin yang paling penting, kamu punya beberapa kebebasan ketika membuat vexel yang tidak ada pada vector. Vexel seperti yang sudah dipelajari, adalah kombinasi elemen-elemen, kita bisa bekerja dengan bentuk vector juga memasukkan sapuan kuas atau tekstur.


SOFTWARE DAN APLIKASI PENUNJANG KERJA

SOFTWARE PENGOLAH VECTOR BERLISENSI:


Adobe Illustrator:

§  Adalah program yang mampu menangani beragam desain dari yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai dengan kebutuhan, dan bersifat user friendly.
§  Harga: $199,00
§  Vendor: Adobe.inc
§  Versi trial: http://www.adobe.com/sea/
Corel-DRaw:

§  Adalah program berbasis vector, biasanya digunakan untuk pembuatan logo, symbol, dll
§  Harga: $499,0
§  Vendor: Corel Corporation

OPEN SOURCE:

Inkscape:

§  Adalah software editor vector yang bebas di bawah lisensi dan bersifat cross-platform serta multi bahasa.

SOFTWARE PENGOLAH BITMAP BERLISENSI:

Adobe Photoshop:
§  Adalah software yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Nah dikarenakan saya adalah salah satu pemakai software ini dalam keseharian kerja, maka disini saya berikan update terbarunya dan juga versi portablenya juga (semoga bermanfaat).
§  Harga: $199,00
§  Vendor: Adobe.inc
§  Versi 13.0.1.3 update (CS6): http://www.adobe.com/sea/
§  Versi portable (CS6):

OPEN SOURCE:

Grimp:

§  Adalah aplikasi alternative dari photoshop, program perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster.
Pixlr:

§  Adalah aplikasi berbasis raster dan sama baiknya dengan software photoshop, berguna untuk mempercantik foto. Pixlr juga dapat membuat gambar tak biasa.



KELEBIHAN MASING-MASING APLIKASI

Adobe Photoshop:
§  Dapat membuat tulisan dengan efek tertentu, membuat tekstur dan material yang beragam, dapat memproses materi dari web.
Adobe Illustrator:
§  Fitur lengkap, bersahabat dengan software Adobe lainnya, dapat membuka file yang berukuran besar (memakan banyak memory RAM), efek photoshop, kualitas warna tetap baik, warna tampilan interface & terbilang sangat nyaman.
Corel-DRaw:
§  Gambar tidak pecah jika diperbesar, bisa ditekan dengan tingkat terendah namun dengan hasil yang tidak kalah dengan gambar berbasis bitmap, penggunaan toolnya sangat mudah dipahami, sangat baik dalam mengkolaborasikan tulisan dengan gambar.
Inkscape:
§  Free, ukurannya kecil, source kodennya dibuka dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan, gradasi yang soft, filenya yang berekstensi (swg), bisa di preview melalui window manager dan tidak pecah.
GIMP:
§  Bisa digunakan di komputer dengan spesifikasi rendah hingga minimum, bisa membuat gambar animasi, mendukung berbagai macam format file, bisa mengganti tampilan awal, mudah menampilkan berbagai format foto, software minimum memory.
Pixlr:
§  Tampilan & layout yang mirip photoshop, gambar yang telah anda hasilkan bisa langsung disimpan di komputer, atau langsung di upload ke facebook, flickr, picasa, dll.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact