3 Cara Mendapatkan Uang Dari Google - testing 3

Breaking

3 Cara Mendapatkan Uang Dari Google

3 Cara Mendapatkan Uang Dari Google



Halo Sahabat Kosan, saya akan sedikit mengulas tentang 3 cara mendapatkan uang dari Google


Google Inc. adalah sebuah perusahaan yang didirikan Larry Page bersama Sergey Brin saat masih berstatus mahasiswa Ph.D di Universitas Stanford di tahun 1998. Google sendiri bergerak dalam pelayanan dan produk Internet. Namun dalam pandangan publik yang dapat dikatakan masih sempit, Google tidak lebih dari sebuah mesin pencari atau search engine yang dapat mempermudah pengguna Internet untuk mempermudah mencari informasi di Internet.

Pada kenyataannya, Google Inc. adalah sebuah perusahaan besar yang telah menghadirkan ratusan, bahkan ribuan layanan berkualitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Internet secara gratis, seperti Gmail sebagai layanan surat elektronik atau email, Google+ sebagai social media, Google Drive sebagai sebuah tempat penyimpanan online, Google Play Store sebagai tempat membeli dan mendapatkan aplikasi smartphone, dan masih banyak layanan lainnya

Jadi, nama 'Google' itu bukan hanya sekedar sebuah mesin pencari yah!.


Sejak penggunaan Internet di dunia semakin luar biasa, Google akhirnya memutuskan untuk meluncurkan sejumlah layanan commercial yang memungkinkan pengguna Internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja bersama mereka.


Sebagai langkah awal dari layanan commercial ini, Google memulainya dengan meluncurkan layanan Google Adwords, yang merupakan sebuah jaringan pengiklanan online berbasis PPC (Pay per Click), dimana jika ada perusahaan, atau pihak yang ingin beriklan di Internet, mereka dapat memanfaatkan Google Adwords untuk mengiklankan mereka. Perlu diketahui, saat ini Google Adwords adalah jaringan pengiklan terbesar, dengan jutaan client, Google Adwords berhasil mengalahkan Facebook Ads, yang merupakan sebuah jaringan pengiklan yang diterbitkan Facebook Inc.

Setelah mendapatkan banyak client yang mau mengiklankan iklan miliknya di Google Adwords, Google kemudian memutuskan untuk membuka sebuah layanan bernama Google Adsense, dan dengan dibukanya layanan inilah, Anda dapat memanfaatkan Google untuk mendapatkan uang.


1. Blog
https://sekolahblogger.net/bottom-line.gif


Selain dapat dijadikan sebagai hobi bagi Anda yang suka menulis, seiring dengan berjalannya waktu, ngeblog kini sudah dapat dijadikan sebagai sebuah sumber penghasilan yang menjanjikan, dan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menjadikan blog menjadi sebuah pundi-pundi uang adalah dengan memasang iklan Google Adsense.

Selain menggunakan Google Adsense sebagai cara untuk melakukan monetize blog, masih ada sejumlah cara lain yang dapat dilakukan untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, seperti mengikuti program afiliansi, menjual produk di blog, menawarkan jasa, atau memasang iklan CPM/CPC dari pihak ke-tiga.
Namun itu tidak akan saya bahas disini, karena disini saya akan memfokuskan thread dalam pembahasan untuk mendapatkan uang dari Google Adsense.

Sebelum Anda dapat menghasilkan uang dari Google Adsense dengan blog, ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan, berikut diantaranya:

Hal hal yang harus dipersiapkan:

a. Blog
untuk memulai karir sebagai seorang blogger yang menggunakan Adsense untuk menghasilkan uang, Anda harus memiliki sebuah blog.

Saat ini, untuk membuat sebuah blog atau website, Anda tidak harus memiliki sebuah pengetahuan khusus dalam hal programming, jadi bagi Anda yang awam dalam bidang ini tidak perlu khawatir, karena kini Anda dapat membuat sebuah blog hanya dengan klik sana-klik sini saja.
Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun untuk membuat sebuah blog, karena Google memberikan sebuah layanan yang memungkinkan orang orang untuk membuat sebuah blog langsung jadi dalam hitungan detik, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini gratis!
Apa tujuan dari pembuatan blog ini?
Pembuatan blog ini nantinya akan digunakan sebagai media untuk menayangkan iklan Google Adsense, jadi, ketika Anda menjadi seorang publisher Google Adsense, Anda akan diminta untuk memasang banner iklan mereka di blog yang Anda kelola, dan pemasangan banner inilah yang akan menjadi sumber penghasilan Anda.

b. Topik untuk dibahas
Setelah Anda berhasil membuat sebuah blog, selanjutnya, Anda harus melakukan perencanaan yang matang, blog seperti apa yang akan Anda buat, dan apa yang akan Anda bahas.

Pemilihan topik ini dilakukan agar nantinya blog yang Anda kelola mendapatkan kemudahan dalam pengembangan, dimana blog yang baik itu umumnya membahas topik yang merupakan keahlian khusus dimiliki sang penulis (Anda), karena jika sang penulis memiliki keahlian khusus dalam suatu hal, tentunya mereka akan lebih mudah dalam berbagi, dan menuliskan apa yang mereka ketahui kedalam sebuah artikel.

Jadi, jika misalkan Anda jago dalam pelajaran sekolah, Anda dapat membuat sebuah blog yang membahas tentang pelajaran; jika Anda jago dalam
 gaming, Anda dapat membuat sebuah blog yang membahas tentang game; jika Anda jago dalam penggunaan Android, Anda dapat membuat sebuah blog yang membahas tentang Android; dan seterusnya.
Apa tujuan dari penentukan topik ini?
Hal ini dilakukan sekedar untuk memastikan blog memiliki pondasi yang kuat, karena ditakutkan blog yang Anda kelola akan berkembang ke arah yang tidak pasti, kadang bahas topik A, kemudian topik B, kemudian topik C, jika Anda melakukan hal tersebut, besar kemungkinan blog akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan perkembangan.

c. Meningkatkan pengunjung blog
Jika misalkan Anda bertanya bagaimana cara untuk meningkatkan penghasilan dari Adsense, maka cara yang paling jitu adalah dengan meningkatkan pengunjung blog, semakin banyak orang yang melihat iklan, semakin banyak pula penghasilan yang didapat.

Selain itu, perlu Anda ketahui, Google Adsense tidak dapat begitu saja menerima sebuah blog untuk dapat menjadi publishernya, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi seorang publisher Google Adsense yang bertujuan untuk menghasilkan uang dari blog.

Google melakukan ini untuk memastikan bahwa hanya blog yang memiliki konten dan artikel berkualitas-lah yang dapat menayangkan iklan mereka, sehingga pengiklan
 (advertiser) tidak merasa dirugikan karena iklan mereka ditempatkan di situs yang berkualitas rendah, dalam artian, blog terkualitas rendah disini adalah blog yang merupakan hasil copy-paste, mengandung konten konten terlarang seperti blog download, konten dew*sa, dan konten konten yang dirasa tabu di Indonesia.
Jika Anda ingin mengetahui persyaratan apa saja yang diperlukan untuk menjadi publisher Google Adsense, berikut diantaranya:

Persyaratan untuk mendapatkan uang dari Google Adsense dengan blog:

a. Blog telah aktif selama 6 bulan
Sebelum sebuah blog dinyatakan dapat didaftarkan kedalam program Google Adsense, paling tidak, Anda harus menunggu sampai blog Anda memiliki umur yang cukup, yakni 6 Bulan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa blog yang bergabung kedalam jaringan pengiklan Google Adsense memiliki konten yang cukup layak untuk menayangkan iklan mereka.

Maka dari itu, dalam kurun waktu tersebut, Anda diharapkan untuk bersabar dan mengisi waktu tersebut dengan memenuhi blog yang Anda kelola dengan banyak artikel.

b. Pemilik blog minimal harus berumur 18 tahun
Untuk memastikan bahwa publishernya bukan anak kecil atau remaja yang hanya iseng-iseng mencoba Google Adsense, Google menambahkan sebuah persyaratan dimana pemilik blog minimal harus berumur 18 tahun, yang diambil berdasarkan data tanggal lahir akun gmail pada saat pertamakali mendaftar. Maka dari itu, jika Anda masih belum cukup umur, Anda tidak dapat mengikuti program Google Adsense ini.

Selain itu, syarat ini ditetapkan Google karena seseorang belum berusia 18 tahun dianggap masih belum siap untuk masuk ke dunia bisnis. Kebanyakan dari mereka yang berusia dibawah 18 tahun juga belum memiliki KTP, yang nantinya justru akan mempersulit Google dalam memproses verifikasi PIN dan melakukan pengiriman uang.

Walaupun begitu, Anda yang masih berusia dibawah 18 tahun tak perlu bersedih, karena saat ini banyak orang yang telah menjadi publisher Google Adsense masih dibawah umur.
Bagaimana caranya?
Jika Anda masih belum cukup umur, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan data-data pribadi saudara, sepupu atau orang tua untuk mendaftar menjadi publisher Google Adsense. Dengan begitu, Anda akan tetap dapat menjadi seorang publisher Google Adsense untuk menghasilkan uang tanpa perlu mengkhawatirkan batasan usia.

c. Memiliki pengunjung yang stabil
Pengunjung yang stabil juga diperlukan untuk dapat menjadi seorang publisher Adsense, dimana kebijakan 'memiliki pengunjung yang stabil' ini diberlakukan untuk menghindari blog yang hanya mengandalkan pengunjung yang berasal dari sosial media seperti Facebook untuk menjadi seorang publisher Google Adsense.

Sebelum mendaftar blog Anda ke Google Adsense, ada baiknya Anda memastikan bahwa blog yang Anda kelola memiliki
 traffic yang stabil dari mesin pencari/search engine.

d. Tidak mengandung konten terlarang
Jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog dengan memasang iklan Google Adsense, Anda tidak bisa mendaftarkan blog yang membahas tentang download software yang memiliki hak cipta, konten dew*sa, perjudian, hacking, dan konten serupa yang melanggar UU ITE.

Jika Anda masih ngtotot ingin mendaftarkan blog yang membahas topik seperti yang saya sebutkan diatas, dipastikan blog Anda akan mendapatkan penolakan, bahkan banned dari pihak Google Adsense.

Cara melakukan monetize:
Jika Anda sudah mempersiapkan hal hal yang saya sebutkan diatas, Anda dapat mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense, memasang iklan mereka di blog Anda, dan mulai menghasilkan uang dari blog yang Anda kelola.

Saat Anda diterima menjadi publisher Google Adsense, Anda dapat langsung memasang script iklan yang mereka berikan di blog Anda, dan tunggu sampai penghasilan Anda bertambah. Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog Anda, semakin banyak pula pendapatan yang Anda dapatkan.

2. Channel YouTube
https://sekolahblogger.net/bottom-line.gif



Di pandangan publik, YouTube mungkin tidak lebih dari sebuah situs yang memungkinkan pengunjungnya menonton berbagai macam video secara gratis, namun jika Anda mencoba untuk memperluas knowledge Anda terhadap web streaming terbesar di dunia ini, Anda mungkin dapat menjadikannya sebagai sebuah karir janga panjang yang menjanjikan.

Sama seperti halnya blog, YouTube yang merupakan anak dari Google dapat dipasangi iklan Google Adsense, yang nantinya dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Saat ini, sudah ada banyak orang yang terbukti sukses mendapatkan uang dari YouTube, baik dari dalam maupun luar negeri, tak jarang dari mereka bahkan dapat membangun rumah yang bagaikan sebuah kastil pribadi dengan bekerja sebagai seorang YouTuber.
Apa itu YouTuber?
YouTuber adalah sebuah istilah untuk menyebutkan orang-orang yang mengupload video dan bekerja di YouTube.

Di Indonesia sendiri, karya anak bangsa saat ini sudah memenuhi YouTube dengan berbagai macam bidang pembahasan, mulai dari kehidupan remaja masa kini, vine, musik, maupun gaming.

Sama seperti halnya ngeblog, untuk dapat mendapatkan uang dari YouTube dengan menggunakan Google Adsense, umur pada akun Gmail Anda harus berumur lebih atau sama dengan 18 tahun. Karena jika Anda berumur lebih muda daripada 18 tahun, Anda akan dianggap belum siap untuk berbisnis bersama mereka. Walaupun begitu, jika Anda masih ngotot pengen pendapatkan uang dari YouTube, Anda dapat menggunakan data-data saudara, sepupu atau orang tua Anda untuk mendaftar.

Untuk dapat menghasilkan uang dari YouTube, ada sejumlah hal yang harus Anda persiapkan untuk memanfaatkan web streaming ini sebagai pundi-pundi uang, apa saja itu? Berikut diantaranya:

Hal hal yang harus dipersiapkan:

a. Buat sebuah channel YouTube
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk dapat menghasilkan uang di YouTube adalah membuka sebuah channel di YouTube, chanel ini nantinya akan menjadi penampung untuk semua video yang Anda upload. Anda juga tidak perlu khawatir masalah biaya, karena membuat channel di YouTube sepenuhnya gratis, tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Hanya dengan bermodalkan sebuah akun Gmail, Anda sudah dapat membuka sebuah channel sendiri di YouTube. Setelah Anda membuat channel, Anda bebas untuk mengupload semua video yang Anda miliki.

b. Video untuk diupload
Setelah membuat channel, hal selanjutnya yang menjadi modal utama Anda untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah sebuah video. Video yang Anda upload harus original, dalam artian hasil buatan sendiri, bukan merupakan rekaman atau potongan scene sebuah film/musik yang memiliki lisensi hak cipta, karena video yang memiliki lisensi hak cipta tidak dapat digunakan untuk melakukan monetize (tidak bisa diuangkan).

c. Dapatkan banyak penonton
Untuk mendapatkan penghasilan yang besar, Anda wajib untuk membuat channel yang Anda kelola agar ditonton oleh banyak orang, karena semakin banyak orang yang menonton video yang Anda upload, semakin banyak pula penghasilan yang Anda dapat.

Cara melakukan monetize:
Setelah Anda memiliki hal hal yang saya sebutkan diatas, Anda dapat mendaftarkan channel yang Anda kelola
ke Google Adsense, menayangkan iklan mereka, dan mendapatkan uang.

Saat Anda diterima menjadi publisher Google Adsense, iklan akan langsung muncul, dan Anda dapat menunggu sampai penghasilan Anda bertambah. Semakin banyak orang yang melihat video yang Anda upload, semakin banyak pula pendapatan yang Anda dapatkan.

3. Google Play Store
https://sekolahblogger.net/bottom-line.gif


Berbeda dengan kedua metode diatas, untuk mendapatkan uang dengan metode yang satu ini, Anda memerlukan sebuah pengetahuan dan keahlian khusus dalam hal programming, terutama dalam hal pembuatan sebuah aplikasi smartphone.

Pada umumnya, seorang
 app developer hanya akan digaji ketika ada client yang memesan app untuk sebuah perusahaan atau instansi tertentu, namun jika Anda bosan dengan mekanisme yang dirasa terlalu kaku dan hanya mengandalkan pesanan tersebut, Anda dapat memanfaatkan Google, sebagai media untuk menerbitkan app yang Anda buat dan menjadikan app tersebut sebagai sebuah penghasilan.
Baca juga: Cara menghasilkan uang dengan Admob
Berbeda dengan metode 1 dan 2 , jika Anda ingin menjadikan app yang Anda kembangkan sebagai sebuah sumber penghasilan, Anda tidak lagi memanfaatkan Google Adsense, melainkan Google AdMob.
Apa itu Google AdMob?
AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2006 dan bermarkas di San Mateo, California, yang kemudian oleh diakusisikan oleh Google seharga $750 juta atau setara dengan 9,8 milyar IDR pada Mei 2010.

Jika Anda bertanya, apakah
 Google AdMob memiliki perbedaan dengan Google Adsense, maka jawabannya tidak. Jikapun ada yang membedakan antara Adsense dan Admob, itu adalah adanya perbedaan pada platform yang digunakan, dimana AdMob dikhususkan hanya dapat dilakukan untuk melakukan monetize aplikasi smartphone, sedangkan Adsense digunakan untuk melakukan monetize web, baik itu blog umum maupun YouTube.

Selain platform yang digunakan, tak ada perbedaan berarti antara Admob dan Adsense.

Jika Anda ingin aplikasi yang Anda miliki menghasilkan banyak uang, Anda harus membuat aplikasi yang Anda buat digunakan oleh banyak orang, karena semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi Anda, semakin banyak pula penghasilan yang akan Anda dapat.

Dan untuk membuat aplikasi yang Anda buat digunakan oleh banyak orang, salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menerbitkan aplikasi tersebut di
 Google Play Store.

Mengupload
 app di Google Play memang tidak gratis, diperlukan modal sebesar $25 untuk mendaftar menjadi seorang Google Play Developer, pembayaran ini dilakukan menggunakan kartu kredit dan hanya dilakukan sekali saja, setelah melakukan pendaftaran, Anda bebas untuk mengupload app manapun yang Anda punya, dimana setiap harinya, Anda bebas untuk mengupload 15 App per hari dan tak ada batasan jumlah app yang boleh diupload di sebuah akun Google Play Developer, alias unlimited.

Jika misalkan Anda tidak bisa membuat akun
 Google Play Developer karena tidak mempunyai kartu kredit, Anda dapat menggunakan jasa upload, biasanya, jasa upload dihargai seharga 50-100 ribu untuk setiap aplikasi yang diupload.

Maka dari itu, jika Anda memiliki keahlian dalam programing, Anda tak perlu bersusah payah untuk melamar, bekerja pada sebuah perusahaan, dan berakhir menjadi seorang bawahan, karena kini Anda dapat membuka usaha sendiri, membuat app sendiri, mempublikasikan app itu sendiri, dan mendapatkan hasil sendiri pula.
"Lalu, bagaimana cara untuk mencairkan pendapatan dari Google Adsense?"


Pertanyaan terakhir yang paling sering ditanyakan adalah pertanyaan seputar pembayaran.

Tentu saja, bagi Anda yang masih awam seputar bisnis Internet Marketing, pastinya ada rasa bingung untuk menerima uang dari orang yang wajahnya bahkan Anda tidak ketahui. Berbeda dengan pekerjaan kantoran , dimana gaji akan diberikan langsung oleh pak bos, jika Anda bekerja di Internet, ada sejumlah ketentuan yang perlu Anda ketahui untuk dapat menerima gaji, begitupula dengan Google Adsense.

Dengan menjadi seorang publisher Google Adsense, Google akan mengirimkan gaji ketika saldo penghasilan Anda mencapai nominal minimum $100 atau setara dengan 1,3 juta IDR, jika saldo Anda sudah mencapai nominal tersebut, Google akan mengirimkan pembayaran Anda pada tanggal 21 di setiap bulannya.

Untuk metode pembayaran, Google menyediakan 3 metode pembayaran, yakni Western Union, Wire Transfer, dan Cek.


Sebagai contoh, jika misalkan Anda mencapai saldo $100 pada tanggal 29 Juni, mengingat saldo Anda baru melebihi batas minimum pembayaran pada tanggal yang sudah melewati tanggal periode pembayaran (tanggal 21) pada bulan tersebut, maka gaji Anda baru akan dikirimkan pada tanggal 21 Juli dan uang dapat dicairkan sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih, Saya sendiri biasa mencairkan pendapatan Google Adsense melalui Western Union di Indomaret, selain mudah, fee (biaya) yang dikenakan sangatlah kecil. Namun jika Anda tidak ingin repot, Anda juga dapat mentransfer gaji Anda langsung ke rekening bank.

Kurang lebih, itulah bagaimana mekanisme pembayaran Google Adsense.




Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact