Virus Pencuri Data, Xavier, Telah Masuk ke Android - testing 3

Breaking

Virus Pencuri Data, Xavier, Telah Masuk ke Android

Virus Pencuri Data, Xavier, Telah Masuk ke Android



Begitu terbukanya jalan untuk setiap pengembang aplikasi ke Android membuat setiap pengguna Android harus lebih waspada. Yang paling ditakuti di sini tentu saja adalah Play Store sebagai gudang dari aplikasi-aplikasi tersebut. Walaupun Play Store adalah aplikasi yang dibuat oleh Google, ternyata telah ada malware yang berhasil masuk ke dalamnya.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh sebuah perusahaan antivirus Tren Micro, malware jahat tersebut memiliki nama Xavier dan telah terpasang lebih dari 800 aplikasi yang telah beredar secara gratis di Google Play Store dan telah diunduh jutaan kali oleh pengguna android.

Xavier sendiri merupakan tempat seperti gudang dari iklan-iklan yang ada di perangkat mobile. Program ini biasanya dipasang pada aplikasi-aplikasi gratis oleh para pengembangnya untuk bisa mendapatkan uang. Selama ini sebenarnya Xavier bisa terbilang aman. Namun ada beberapa pembuktian belakangan ini kalau aplikasi ini berubah menjadi sebuah program yang sangat rumit dan berbahaya untuk pengguna.


Salah satu peneliti keamanan dari Tren Micro yang mengungkapkan bahwa Xavier adalah program jahat yang tidak terdeteksi dari alat-alat pendeteksi di android. Selain itu program ini juga dapat dieksekusi dari jauh. Diperparahlagi, program ini dapat digunakan untuk mencuri data dan informasi dari setiap smartphone yang telah terjangkit.

Xavier mampu mencuri data seperti: alamat e-mail, identitas perangkat telepon genggam, model, sistem operasi, alamat dari perangkat, produsen, operator kartu SIM, dan bahkan aplikasi apa saja yang terinstalasi di ponsel tersebut.

Dan yang lebih mengejutakan, Negara – Negara yang paling banyak terjangkit malware ini adalah negra-negara yang ada di asia tenggara.



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact